Contoh Proposal Kewirausahaan

TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

TAHUN AJARAN 2009/2010

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Merintis Usaha Hotspot untuk Bisnis yang Prospektif demi Kehidupan yang Lebih Baik

Bidang Kegiatan:

PKM Kewirausahaan

Diusulkan oleh :

Noego Rondi Lesmanto       (G1D 008 028)

Rody Wardanial                   (G1D 008 041)

Hidayat Jaya Miharja         (G1D 008 011)

UNIVERSITAS MATARAM

MATARAM

2010


HALAMAN PENGESAHAN

  1. 1. Judul Kegiatan                                            : Merintis Usaha Hotspot untuk Bisnis Prospektif demi Kehidupan yang Lebih Baik
  2. 2. Bidang Kegiatan                                          :  PKM-K
  3. 3. Bidang Ilmu                                  :  Teknologi
  4. 4. Ketua Pelaksana Kegiatan
    1. a. Nama lengkap                      :  Noego Rondi Lesmanto
    2. b. NIM                                        :  G1D 008 028
    3. c. Jurusan                                 :  Matematika
    4. d. Universitas                           :  Unuiversitas Mataram
    5. e. Alamat Rumah                     :  Jln.WR.Supratman no.21 Praya, Lombok Tengah
    6. f. No. Telepon/HP                    : 08990293605
    7. g. Alamat Email                        : noego_mth08@yahoo.com
    8. 5. Anggota Pelaksana Kegiatan :  2 orang
    9. 6. Dosen Pendamping
      1. a. Nama Lengkap(Gelar)        : Ir. Muhamad Siddik, M.S.
      2. b. NIP                                         : 131624908

  1. 7. Jangka Waktu Pelaksanaan            :  6 bulan

Mataram,14 Juni 2010

Menyetujui,

Pembantu Dekan III                                                                    Ketua Pelaksana Kegiatan

(Drs. H. Ahmad Jupri, M. Eng.)                                                (__Noego Rondi Lesmanto__)

NIP. 1966 817 1992 03 1001                                                   NIM. G1D 008 028

Pembantu Rektor III                                                   Dosen Pendamping

Universitas Mataram

(_Drs. H. M. Darwin, M.S._)                                                     (_Ir. Muhamad Siddik, M.S._)

NIP. 19580 523 1985 03 1001                                                 NIP. 131624908

PROPOSAL PROGAM KREATIFITAS MAHASISWA

A. JUDUL PROGAM

Merintis Usaha Hotspot untuk Bisnis yang Prospektif demi Kehidupan yang Lebih Baik

B. LATAR BELAKANG MASALAH

Internet  merupakan salah satu  media yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain sebagai media informasi, internet juga berperan penting dalam ilmu pengetahuan. Internet sepertinya sudah menyatu dengan kehidupan zaman sekarang. Dari internet, kita bisa memperoleh apapun yang kita cari,mulai dari hal-hal yang penting sampai hal yang paling kecil sekalipun. Di samping itu, melalui media ini juga kehidupan kita bisa terbantu karena banyak sekali hal-hal yang sangat bermanfaat dalam dunia maya tersebut.

Internet juga menjadi salah satu alternatif untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain. Banyak situs-situs jejaring sosial yang membantu penikmat internet ini untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa mengenal jarak dan waktu. Dengan internet, kita bisa menghemat tenaga dan biaya yang jauh lebih besar daripada harus bertemu atau berkunjung ke tempat orang lain.

Informasi di internet sangatlah bervariasi. Tentunya akan sangat banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang akan kita peroleh melalui internet ini. Semua itu tergantung dari diri kita sendiri.

Internet merupakan terobosan terbaru dalam 10 tahun terakhir ini. Pengguna internet dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan sekitar 2%. Semakin hari, semakin banyak orang yang sangat menikmati manfaat dari internet ini. Melihat besarnya animo serta permintaan yang tinggi terhadap layanan internet ini, maka hal tersebut merupakan peluang untuk dijadikan usaha baru dengan membuka fasilitas hotspot.

Selain usaha ini membutuhkan modal yg tidak terlalu besar,peluang dalam bidang ini juga sangat besar karena masih sedikit orang yang memanfaatkan usaha ini. Biaya untuk mengakses internet dengan memanfaatkan hotspot ini juga lumayan kecil.

Dalam masyarakat,sudah tidak jarang lagi orang mempunyai laptop. Laptop bagaikan kebutuhan penting dalam masyarakat unutk membantu mempermudah pekerjaan. Selain itu,laptop juga merupakan media hiburan bagi masyarakat sekaligus media untuk menikmati fasilitas internet. Dengan melihat kenyataan ini, maka sangatlah besar peluang usaha dalam bidang internet khususnya memanfaatkan fasilitas hotspot.

C. PERUMUSAN MASALAH

Rumusan Masalah dalam Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang Kewirausahaan ini adalah:

  1. Bagaimana mengawali kegiatan wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
  2. 2. Bagaimana mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
  3. 3. Bagaimana memberikan pengaruh positif kepada masyarakat akan bisnis ini
  4. 4. Bagaimana memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang positif bagi masyarakat

D. TUJUAN PROGAM

Tujuan dari  Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah:

  1. Merintis wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
  2. Dapat mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
  3. Dapat menunjukkan bahwa bisnis ini sangat baik untuk dijalankan mengingat besarnya potensi dari bisnis ini.
  4. Dapat memberikan masyarakat wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat melalui media internet

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Sedangkan Luaran yang dapat diperoleh dalam jangka panjang adalah:

  1. Terwujudnya ketrampilan berwirausaha bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata untuk mengurangi pengangguran dengan menyerap tenaga kerja melalui usaha hotspot, mengingat usaha ini memiliki potensi yang besar.
  2. Terwujudnya masyarakat yang cerdas dan kritis. 
  3. Terciptanya masyarakat yang sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan.
  4. Terwujudnya masyarakat yang modern dan tidak ketinggalan zaman.

F. KEGUNAAN  PROGRAM

  1. Merangsang kreativitas dan daya inovasi mahasiswa untuk menghasilkan kegiatan yang bermanfaat.
  2. Membuka wawasan mahasiswa dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu mengadapi pesaingan bebas dengan cara menjadi entrepreneur muda indonesia.
  3. Membuka wawasan masyarakat untuk memanfaatkan internet demi kehidupan yang lebih baik.
  4. Membantu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam pemanfaatan layanan internet.
  5. Memberikan stimulus untuk menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri  terutama bagi masyarakat.

G. GAMBARAN UMUM USAHA

1.      Ide Produk

Saat ini, usaha hotspot belum begitu banyak diperhatikan. Ini terjadi karena masyarakat khususnya di kota Praya belum memahami tentang manfaat internet dalam kehidupan yang akan datang. Kota Praya merupakan daerah sasaran yang sangat tepat untuk memajukan usaha ini karena memiliki potensi yang sangat besar. Ide pembuatan usaha ini berasal dari adanya keinginan untuk meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan dalam masyarakat. Usaha hotspot dipilih karena membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak dan kenyataan bahwa banyak masyarakat yang memiliki fasilitas untuk menikmati layanan internet serta besarnya peluang di dalam bidang ini.

2.         Deskripsi Usaha

Wirausaha baru di bidang hotspot ini sangat potensial menjadi unit usaha baru karena usaha tersebut merupakan suatu inovasi baru di bidang internet, selain itu keunggulan yang dimiliki usaha tersebut sangatlah banyak salah satunya adalah memiliki potensi yang besar karena masih sedikit pesaing. Apalagi di daerah Praya yang masih sangat minim akan pengetahuan dan teknologi baru. Keunggulan dari usaha ini antara lain manfaatnya bagi masyarakat yaitu sangat baik untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

3.         Analisa Pemasaran Produk

Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :

  • Strategi Harga

Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.

  • Strategi Promosi
  1. Publikasi produk untuk promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan  internet dan komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan internet.
  2. Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
  3. Setiap pelanggan yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.

H. METODOLOGI PELAKSANAAN

Tempat usaha hotspot  ini adalah di daerah Praya, Lombok Tengah. Untuk merealisasikan usaha hotspot akan dilaksanakan tahapan kerja sebagai berikut :

  1. 1. Persiapan perlengkapan Usaha

Pada tahap ini dilakukan pembelian peralatan yang dibuthkan untuk melaksanakan usaha, peralatan tersebut antara lain :

  • Wireless
  • Cok roll
  • Meja kecil
  • Network cabel
  • Kipas angin
  1. 2. Perakitan alat

Bahan yang diperlukan pada perakitan fasilitas hotspot adalah wireless dan network cabel. Kita hanya menghubungkan wireless dengan network cabel.

  1. 3. Peningkatan kualitas

Penempatan wireless sangat berpengaruh terhadap kecepatan mengakses internet dan kelancaran internet. Berikut beberapa cara mempercepat koneksi wireless :

  • Menjauhkan wireless dengan bahan yang terbuat metal atau baja karena dapat memantulkan gelombang
  • Menjaga agar wireless tidak terlalu panas dengan meletakkan kipas angin di dekat wireless dengan tujuan agar kecepatan akses stabil
  • Meletakkan wireless dengan ketinggian tertentu agar mendapatkan sinyal atau gelombang secara cepat

Selain meningkatkan kecepatan wireless, salah satu cara meningkatkan pengunjung adalah dengan meningkatkan faslitas tempat hotspot. Dengan memberikan kenyamanan kepada pelanggan merupakan salah satu cara yang ampuh.

  1. I. JADWAL KEGIATAN

Jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan telah dirinci dan ditetapkan sebagai berikut:

No. Agenda Bulan
1 2 3 4 5 6
1 Pembelian dan perakitan alat
2 Promosi 1
3 Promosi 2
4 Persiapan pemulaian usaha
5 Pendaftaran tempat usaha
6 Analisa usaha
7 Promosi 3
8 Pelaksanaan usaha *
9 Penyusunan Laporan Akhir

Keterangan :

= Agenda dilaksanakan setelah proposal disetujui
= Watu pelaksanaan kegiatan

* = dilaksanakan dalam waktu yang tidak ditentukan tergantung dari hasil analisa usaha

J. RANCANGAN BIAYA

PEMASUKAN

NO.

SUMBER PEMASUKAN
1. Dikti Rp.  6.000.000,00
2. Dana Lain Rp.  500.000,00
TOTAL Rp. 6.500.000,00

PENGELUARAN

  1. Biaya Pelaksanaan dan Operasional Awal Usaha Hotspot
No Pemanfaatan jumlah (buah) harga satuan total biaya
1. Modal Awal Operasional Usaha 2,700,000.00
2. Biaya promosi 800,000.00
3. Pembelian wireless 1,800,000.00
4 Biaya pendaftaran tempat usaha 500,000.00
5 Transportasi 500,000.00
6 Komunikasi 500,000.00
jumlah Rp. 6,500,000.00

Analisis Usaha Hotspot

A. Biaya Tetap (Fix Cost)

Uraian Jumlah Harga

Satuan

(Rp.)

Besarnya

(Rp)

Peralatan :
Wireless 2 buah 900,000 1.800,000
Kipas angin 2 buah 100,000 200.000
Meja kecil 10 buah 50,000 500,000
Network kabel 5 meter 5,000 25,000
Cok roll 10 buah 17,500 175,000
Total 2,700,000

B. Variable Cost (dalam 30 hari )

No. Uraian Jumlah Harga Satuan

(Rp.)

Besarnya

(Rp.)

1. Teh botol 1 kerat 100.000 100.000
2. Fruit tea 1 kerat 100.000 100.000
3. Tebs 1 kerat 100,000 100,000
4. Biaya tenaga kerja :

  • Penjaga hotspot (3 0rang)

30 hari

400,000

1,200,000

Total 1,500,000

  1. a. Total Biaya Produksi = (Total Investasi + Total biaya operasional pertahun

= Rp. 2,700,000 + (Rp.1,500,000x 12)

= Rp. 20,700,000

b. pendapatan di hari biasa  = Jumlah orang x Waktu (hari) x tarif

= 30  x 25 x Rp. 4,000

= Rp. 3,000,000

pendapatan           di hari libur     = Jumlah orang x Waktu (hari) x  tarif                                                                           = 50  x 5 x Rp. 4,000

= Rp. 1,000,000

Total Pendapatan = pendapatan di hari biasa + pendapatan     di hari libur = Rp. 3,000,000+ Rp. 1,000,000

= Rp. 4,000,000

pendapatan per tahun      = Rp. 4,000,000.00 x 12 bulan

= Rp. 48,000,000

Waktu siaga (waktu buka) per tahun      = 24 x 360 = 8640

c.         HPP (Harga Pokok Penjualan)

Harga Pokok Penjualan         =

= Rp. 20,700,000

8640

= Rp 2,395.833 à Rp. 2,400

d.   Analisis Biaya Manfaat

Keuntungan                      = Penerimaan – Total Biaya Produksi

= Rp. 4,000,000 – Rp. Rp.1,500,000

= Rp. 2,500,000

Keuntungan per tahun     = Rp. 30,000,000

e.         Pay Back Periode      =

= 2.700.000 + 18.000.000

30.000.000

= 0,69 tahun = ± 8,28 bulan

L. LAMPIRAN

1. NAMA DAN BIODATA KETUA DAN ANGGOTA KELOMPOK

1.         Ketua Pelaksana Kegiatan:

  1. Nama Lengkap             : Noego Rondi Lesmanto
  2. NIM                                        : G1D 008 028
  3. Fakultas/Progam Studi  : FMIPA/MATEMATIKA
  4. Perguruan Tinggi                       : UNRAM

2.         Anggota Pelaksana

  1. Nama Lengkap                        : Rody Wardanial
  2. NIM                                       : G1D 008 041
  3. Fakultas/Progam Studi  : FMIPA/MATEMATIKA
  4. Perguruan Tinggi                       : UNRAM
  5. Nama Lengkap                      : Hidayat Jaya Miharja
  6. NIM                                       : G1D 008 011
  7. Fakultas/Progam Studi          : FMIPA/MATEMATIKA
  8. Perguruan Tinggi                  : UNRAM

II. NAMA DAN BIODATA DOSEN PEMBIMBING

1. Nama Lengkap dan Gelar     : Ir. Muhamad Siddik, M.S.

2. NIP                                      : 131624908

3. Fakultas                               : Pertanian

4. Perguruan Tinggi                   : Universitas Mataram

III . Lain – lain

Business Plan ”Merintis Usaha Hotspot untuk Bisnis Prospektif demi Kehidupan yang Lebih Baik”.

Nama usaha     : CV. Faster Hotspot

Pemilik usaha    : Rondi, Dayat, Rody

Lokasi usaha    : Kampung Jawa, Praya, Lombok Tengah.

Besar Modal    :  Rp.6,500,000.00

Asal Modal      :  Dana DIKTI dan dana Lain.

Jenis usaha       :  Menyediakan fasilitas hotspot

Usaha Utama    :  Hotspot

Target pasar     :  Masyarakat umum, dan masyarakat luas.

Kapasitas usaha /hari : 24 jam/hari

Pemasaran        :

­   2  Bulan pertama    : Memperkenalkan usaha hotspot kepada Masyarakat Kota Praya

­   2 Bulan kedua        : Berpartisipasi dalam pameran-pameran yang berhubungan dengan internet

­   2 Bulan  ketiga        : Melakukan promosi-promosi yang sudah dibuat

Strategi pemasaran       :

  • Strategi Harga

Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha (kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan kata lain harga diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.

  • Strategi Promosi

1. Publikasi produk untuk promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan dengan  internet dan komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan internet.

  1. Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah  penyebaran brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
  2. Setiap pelanggan yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.

Analisis SWOT:

1. Strength        : a. Sedikit pesaing.

b. Modal untuk memulai usaha kecil.

c. Potensi usaha sangat besar di Praya.

d. Respon masyarakat Praya yang positif terhadap teknologi internet.

2. Weekness    : a. Usaha terbilang baru.

b. Belum dikenal.

c.  Jumlah tenaga pembantu terbatas.

3. Opportunity: a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar, karena sedikit pesaing.

b. Keunggulan usaha ini yang lebih murah daripada menyewa di warnet

c. Tarif yang lebih murah

4. Threath        : a.  Timbul usaha yang sejenis

b. Jaringan usaha yang belum luas

c. Kesediaan bahan baku yang terbatas karena harus membeli di daerah luar

About these ads

107 Tanggapan to “Contoh Proposal Kewirausahaan”

  1. Tanpa Modal Besar Says:

    Wah mantap dan kreatif blognya.Thanks

  2. asmarantaka Says:

    weww..proposal kampus di bawa2 kemari

  3. joe_nathan31 Says:

    thanks pace tugas q dapat terselesaikan dengan baik

  4. gladys Says:

    keren bgt proposal na…….

  5. osha Says:

    wah… bagus bgt prop’z_na
    bisa jadi contoh gue bkin prop’z ne…

    thx yach uda bwa2 cntoh prop’z kemari,,hihihi
    lam kenal jg. osha

  6. akhyar Says:

    nice program..
    mas ini bisnisnya pasang hotspot ke rumah2 atau disediakan suatu tempat hotspot lalu yang masuk harus bayar???

  7. RO'IN M. YUSUF Says:

    saya ingin menconto anda! saya yakin anda bisa berbagi dengan saya untuk kemajuan IPTEK, terus terang saya polos, tapi keinginan saya besar dan berharap maju. berilah info jalan kepada saya untuk memulainya.

    trim’s ok!!!!

  8. dIan Says:

    w eMag bLUm keNAL kmU tP w bCa bLOg sm pRoposAL yG kMu buAt iTuh bGUs bGEttt….. biSa YaH merIntiZ uSaHA hOtsPot.

  9. hatachi imada Says:

    assalamualaikum,
    5af saya masuk blog anda cuma lihat contoh proposal anda yg merupakan tugas dari sekolah saya
    jdadi tidak begitu minat membca semua
    terima kasih

  10. popo Says:

    aduh aq yg anak jaringan komputer, cukup miris baca ini proposal,,
    alat dan bahan hanya di jelaskan sedikit,,
    perakitan alatnya jg…
    budgetx pun terlalu melambung namax…
    jadi ngawur di sana..
    ini proposal di acc ma dosen ga?
    kalo iya berarti dosenx goblok….
    maaf agaq kasar, tp emank kenyataanx seperti itu.
    kalo mo buat jaringan hotspot ga perlu ampe biaya segitu..
    dengan biaya segitu aq malah lebih milih buat ISP.. lbh besar n lbh bermanfaat… untungx lbh besar pula ripda hostspot.

  11. topix Says:

    Berkat Blog ini gua bisa buat tugas Mata kuliah Kewirausahaan gua….thanks ya bro……..

  12. Fijay Says:

    Blogx sibbb..ok boleh d contoh

  13. eka Says:

    thx bgt buat blognya…tugas h-12 jam ..bisa slse..thx yk!!

  14. yatzIen Says:

    wah…….maksIEh z boz ,,,gra2 cntoh propsal nie tgAs q ,,slsAi thnkz bgEtz

  15. noego08 Says:

    ok.. sama2…

  16. ninuknunik Says:

    cntoh proposal ini membantu saya bgt,
    alna sya juga dsuru buat tgs sperti inin juga dari dosen,
    makasi ;)

  17. bloggerious Says:

    makasih mas infone, aku lagi butuh banget kiye

  18. bita Says:

    ka,
    saya lagi da tugas proposal usaha kewirausahaan tingkat smk…usaha’a sieh dibidan pa ja…
    tapi saya belum ngerti tentang sistem penyusunan proposal’a.. bantu – bantu ya ka…..

  19. ike Says:

    i like it….

  20. Setya Says:

    wahhh trima kasihh proposalnya sangat membantu gan !!!!

  21. via Says:

    mas gimana ci mekanisme nya supaya kita bisa menikmati layanan diatas?trus bayar nya dihitung perhari atau perjam?cok roll apa ya?hehehehehe makasih…..

  22. via Says:

    oh ya sebenarnya usaha itu sudah dapet modal dari dikti ga?

  23. desy ayu lestari Says:

    thaks ya,,,,, dengan profosal ney saya jadi bisa ngerjain tugas di kmpus yang kebetulan kmpus kita, & mata kuliah kita sama….. thaks sob

  24. veby Says:

    BAgus Bnget Neeyyy ,,, aJarin donk kak,,, akakakakak :)

  25. DiDietz Adiet Says:

    Thnx mas bwt proposalnya,,,,
    Btw ne byarnya per jam/hari,,,,,,,?

  26. Senoritha Salmy Says:

    Very good….bagus banget…
    thanks bwt proposalnya..

  27. yurike bosu nures Says:

    ada contoh proposal yang lain gag???
    yang kegiatannya lebih sederhana???

    makasii wat bantuannya..

  28. eka Says:

    mantap..

  29. raya Says:

    keren bang proposalnya dah pernah dpt penghargaan dari dikti pula,
    lankah brikutnya tinggal ngembangin ke skala yang lebih besar…
    salut saya dengan semangat anda.. .. ..

  30. blue_uzuma Says:

    proposal ini udah d realisasikan blm?? dan gmn hasil’y? apakah sesuai dengan target?

  31. lia Says:

    mantab bgt ilmu bisnis y
    thank’s i can study with u proposal

  32. ridho Says:

    blh juga proposal nya maksh q contek ya buat tugas kul q

  33. Supriyono Says:

    bgmn kalau membuat proposal untuk agen pulsa ? Kita harus ke Indosat ?

  34. MLong Kanakbrahales'llusimpele Says:

    tankz……………….. guyzzz……..!!!!

  35. ME Says:

    mksh ya blog nya nge bantu bgt ngeblank gw ga ngerti bikin proposal..hehhehe

  36. tiwi Says:

    makasih ya,,,
    ijin copas ,,,,, ^^

  37. vandi23 Says:

    wah keren bgt….

    good luck…., lanjutkan

    usaha hotspot, mmg menjanjikan.., t4 aq bnyk bgt memakaai hotspot….

  38. mentari Says:

    good luck ya…,

    hotspot i like it…

    lbh sng pake hotspot, dr pd ke warnet….

    qt lbh santai…., n didukung dgn suasana tempt…..

  39. khenyec Says:

    terimakasih ya kak…jadi reference q ne… :’)

  40. Frida Samosir Says:

    Makasih y, krna blog kmu nech, tugas q selesai…
    mf, y q pke jadi bahan y…
    ^_^

  41. boezters9f Says:

    maas, tolong bantuin bwt laporan kewirausahaan dunk

  42. Ra Says:

    saya minta izin mendownload informasinya ya…. terimakasih !, sangat membantu . . . . jazakallah khoir !

  43. Jajang Says:

    maaf sy nyontoh proposalnya untuk tugas kewirausahaan sy…..
    makasih banyak ya….

  44. shintia Says:

    ngebantu tugas sekolah saya.. thanz :)

  45. ian boy cool Says:

    Bang pernah prroposal itu di masukin ke lomba kreatifitas mahasiswa?
    Klo belum boleh tu saya jadiin buuat di usulin :)

  46. azpite degrase eri Says:

    merci,, :)

  47. Pacitanisti Says:

    makiasih..contoh proposalnya…
    udah bisa gua contoh buat UJIAN PRaktek besuk

    makasih soop/??

  48. ayaa Cantik Says:

    keren! Bantu Banget……, aqu cotek dikit…..! makasi ya ka……..

  49. sundus farhana sungkar Says:

    makasih ya, jadi bisa ngerjain tugas nya

  50. jhon. f Says:

    mantap nih proposal jdi bsa ngrjain tugas,,,
    makasih ya,,,

  51. wi2n Says:

    Salam kenal, boleh tu proposal ….saya dowl ya he

  52. erie Says:

    waw, mksh blognya kreatif, bth bbrapa hari untuk mmahaminya coz bkn bdangnya

  53. rondi08 Says:

    oke sama2.. kunjungi juga blog aku yang ini http://rondinoego08.wordpress.com
    tidak kalah menarik dengan blog yg ini.. :D

  54. blablabla Says:

    mekanisme dan rancangan usahanya ga ada ya mas??

  55. Nita cewe cantykkkk Says:

    makaziee….. contoh proposalnya….
    sangaddddddtttt membantuQu kerjakan tugas…

  56. surf Says:

    maaf sbenarnya bkan nie yg aqw cariee,,,,,,,,,,,,,,

  57. Masruchin Bedjo Says:

    Alhamdulillah, terimakasih mas atas contoh proposalnya.
    Semoga dapat saya jadikan acuanku untuk belajar terus.

  58. Arman syawal Says:

    Wah usaha warnetnya bagus juga yah.,moga makin sukses…..amiin

  59. alberto Says:

    gan numpang copy proposal ya,,thx B4

  60. farida Says:

    terimakasih kakaaak.. :)

  61. dominica devi Says:

    proposal’y bagus,struktur’y jg udh hmpir bnar, cuma tgl perbaiki beberapa kalimat aja,

  62. alex luji Says:

    terima kasih untuk proposalnya…….
    locok ley…..

  63. de'nada Says:

    akhir.n ktmu ugha,…
    ,…sykurr de

  64. irmha Says:

    Jembreeeeettttt…….:)
    amazing buangettt……
    mkasih yah kak…..aku kopas yha proposalx ??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: