Puasa Itu Memang Luar Biasa

SEMENJAK lebih dari empat belas abad yang lalu, kaum muslimin di seluruh dunia sudah diperintahkan oleh Allah SWT untuk melaksanakan suatu ibadah wajib yang dilakukan selama sebulan setiap tahun. Ibadah ini juga pernah diwajibkan atas umat- umat terdahulu sebelum era Nab Muhammaad SAW seperti yang  tertuang dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah 183. Ibadah ini adalah ibadah puasa yang jatuh pada bulan Ramadan setiap tahunnya menurut penanggalan tahun Hijriyah.

Di samping iintuk menunjukkan tingkat ketakwaan seseorang kepada Allah, menjalankan puassa ternyata memiliki banyak rahasia, misteri dan mukjizat. Hal ini terbukti dari ritual puasa ini ternyata tidak hanya dilakukan oleh manusia,tetapi dilakukan juga oleh makhluk-mahkluk yang lain. Para ilmuwan dalam bidang ilmu alam telah menemukan banyak di antara makhluk hidup selain manusia menjalankan puasa pada tenggat- tenggat waktu tertentu.

Puasa yang mereka lakukan ada yang bersifat terpaksa akibat minimnya persediaan makanan atau kerasnya kondisi lingkungan tempat tinggal mereka akibat sergapan musim kemarau atau musim dingin. Contohnya unta, ular, beruang kutub, katak dan beraneka ragam burung dan ikan. Selain itu juga ada yang berpuasa karena kehendak mereka sendiri sebagai sebuah tahapan metamorphosis kehidupan yang harus dijalani seperti kupu-kupu ketika masih menjadi kepompong.

Demikian juga dengan manusia, dengan menjalankan ibadah puasa, manusia akan memperoleh banyak sekali keuntungan dan kelebihan. Ini jika ditinjau dari segi syariat maupun dari sisi yang lain yaitu dari segi dunia medis atau kedokteran. Kalau dari sisi syariat, dengan berpuasa merupakan saran bagi seorang mukmin untuk menghadap Tuhann-Nya mencari maaf dan ampunan-Nya, serta mengharap kasih sayang dan ridha-Nya. Maka sangat wajar bila banyak sekali hadist Nabi yang memotivasi kita untuk berpuasa seperti pernah diungkapkan oleh Beliau dalam satu sabdanya bahwa bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada minyak wangi.

Kalau dari segi medis, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa puasa merupakan fenomena yang penting dan suci. Tanpanya, kehidupan yang stabil dan kesehatan yang sempurna selama ini tidak akan pernah terwujud. Setiap manusia terutama penduduk di kota-kota besar, wajib membiasakan puasa dengan cara menahan diri dari makan dan minum selama 3-4 minggu paada setiap tahunnya hingga mereka dapat merasakan nikmatnya memiliki kesehatanyang prima sepanjang hidupnya.

Seluruh manusia membutuhkan puasa meskipun ia sedang tidak menderita penyakit. Sebab, racun makanan dapat berkumpul di dalam tubuh dan menjadikan kebugarantubuhnya sangat minim. Bila ia berpuasa, maka timbangan tubuhnya menjadi ringan dan racun-racun dalam tubuhnya akan menghilang. Mungkin itu sekelumit hal yang menunjunkkan mengapa kita harus berpuasa jika ditinjau dari segi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: